Gus Abe Tegaskan PMII Selalu Terdepan Mengawal Perbaikan dan Perubahan Bangsa

Jakarta, PMII.ID-Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) Muhammad Abdullah Syukri menegaskan bahwa PMII akan selalu terdepan mengawal perbaikan dan perubahan bangsa. Di usianya yang lebih dari setengah abad, PMII akan tetap kritis dalam mengembangkan pemikiran keagamaan yang sejalan dengan dinamika zaman.

Hal ini disampaikan Gus Abe, sapaan Muhammad Abdullah Syukri, saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Harlah PMII ke-62 tahun di Museum Nasional, Jl Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2022).

Gus Abe menambahkan, meski PMII terlibat dalam penyegaran dan modernisasi Nahdlatul Ulama sebagai induk ideologi, kader-kader PMII selalu taat kepada kiai, guru atau ulama. Bagi PMII, jamiyah NU yang saat ini berdiri kokoh tidak terlepas dari peran ulama. Karena itu, kader-kader PMII selalu patuh dan taat kepada ulama.

"Ketaatan kultural PMII terhadap ulama yang membangun jamiyah NU tidak berubah sedikitpun, tetapi PMII lebih kritis mengembangkan pemikrian keagamaan yang sejalan denan dinamika zaman," kata Gus Abe.

Lebih lanjut, Gus Abe menyampaikan bahwa di usia PMII yang ke 62 tahun PMII konsisten merawat peradaban. Embrio PMII juga secara tegas disampaikan yaitu NU, sedangkan DNA nya adalah Pancaila dan Ahlusunnah wal jamaah.

"Dan perjuangan PMII adalah membela NKRI. Jadi Pak Kapolri jika ada yang mengancam dan kedaulatan negeri ini maka saya pastikan PMII adalah kader-kader yang berdiri paling depan," paparnya.

Kegiatan puncak peringatan Harlah PMII ke 62 tahun turut dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Ketua Mabinas PB PMII Abdul Muhaimin Iskandar, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, para pejabat pemerintah dan ratusan kader dari berbagai daerah. Harlah PMII ke 62 tahun mengusung tema transformasi gerakan merawat peradaban. 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *