IT Development sebagai Wadah Potensial bagi Kader yang Concern di Bidang TI

JakartaMedia management training (MMT) pada chapter IV menyelenggarakan kegiatan bertajuk pelatihan pembuatan web organisasi. Hal ini merespon dari banyaknya institusi/struktural PMII yang masih banyak belum memiliki website resmi organisasi. Tentu gerakan media tidak bisa hanya terbatas pada sosial media, tentu web bisa menjadi sarana dalam penyampaian informasi seputar profil, kegiatan, gagasan, tulisan, hingga propaganda. Dalam kegiatan ini, kebetulan pemateri-pematerinya berasal dari akademisi dan praktisi di bidang teknologi dan sistem informasi.     

“Lembaga Profesi Pengembang IT yang kemudian disebut sebagai IT Development PB PMII resmi launching dan dideklarasikan keberadaannya pada 23 Oktober 2021. Lembaga profesi ini memiliki tiga tujuan utama yaitu edukasi, kolaborasi dan inovasi. Komunitas yang terbentuk sebagai representasi profesi IT Dev di kalangan kader PMII, kemudian disebut PMII Developers (pmiidev)“

Pertama, Ircham Ali sebagai direktur lembaga IT Development sekaligus pemateri pertama telah menyampaikan ide-ide fresh pengembangan kelembagaan profesi pada tubuh PB PMII berbasis teknologi informasi. Ircham, aktivis yang berprofesi Dosen Unusia Jakarta dalam kesempatan lanjutan telah mempresentasikan tentang jalur belajar front-end developer. Dimulai dari pemahaman tentang internet: HTTP, DNS, hingga hosting, kemudian mengenal bahasa markah HTML dengan beberapa elemen yang musti dikuasai, CSS untuk mempercantik tampilan, JavaScript, hingga version control yang bisa digunakan seperti bekerja dengan GIT. HibahWeb dipersembahkan sebagai bentuk kontribusi untuk kader PMII dengan membagikan opensource web framework secara gratis.

Kedua, Nazarudin Latif sebagai pemateri kedua telah menyampaikan tentang konsep backend programming, manipulasi data, algoritma, hingga pola desain Model-View-Cotroller (MVC) pada Web Framework. Selain materi juga disertai praktek secara langsung dengan studi kasus script Backend pada HibahWeb agar lebih mengena tentang rancangan dan struktur data yang telah dibangun. Nazar, seorang programmer di PT. Tech Mayantara Asia dan juga kader PMII Bandung. Dalam lembaga profesi IT Development dia mejabat sebagai Kadiv. Platform Digital dan Aplikasi.   

Ketiga, M. Amanulloh Mz seorang Mahasiswa S2 Sistem Informasi sebagai pemateri ketiga yang khusus untuk memberi gambaran tentang Content Management System (CMS). Penjelasan dimulai dari definisi, manfaat, fungsi dan cara kerja CMS, kemudian hingga tips memilih CMS. CMS: Wordpress dipilih dan didemonstrasikan secara langsung pada laman demo.pmii.id. Dimulai dari bagaimana cara instalasi, memilih template, plugin hingga customize tampilan antarmuka web. Amanulloh dalam lembaga profesi IT Development dipercaya sebagai Kadiv. Analisis Sistem Informasi.

Keempat, Fauzi Tri Musyafa seorang praktisi IT yang berposisi di System Administrator PT. Buana Varia Komputama sebagai pemateri pamungkas yang menjelaskan tentang arsitektur dan infrastruktur jaringan web, konsep umum setup server untuk web aplikasi, dan LAMP/LEMP Stack. Fauzi juga telah mendemokan arsitektur CMS WordPress dengan membedahnya dari sisi server menggunakan CLI. Panduan penggunaan atau alur kerja belajar wp-lemp-stack telah dia push juga dalam satu wadah github organisasi github.com/pmiidev. Fauzi dalam lembaga profesi diberi kepercayaan sebagai sekretaris lembaga.

Link Berguna: 


41 Comments

gino asari Reply

mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *