Kampanye Perdamaian PB PMII pada Forum AYIC 2021

Jakarta, PB PMII-Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menjadi salah satu peserta kegiatan ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2021 bersama pemuda Singapura, Myanmar, Cambodia, Filipina, Laos, dan Thailand yang digelar di Jakarta pada Selasa-Kamis, (12-14/10/2021). Program ini merupakan inisiatif Kemenpora, PB PMII dan beberapa pemuda ASEAN yang ingin mewujudkan perdamaian, memelihara perbedaan, budaya, bahasa, etnis, dan keragaman di negara-negara ASEAN. 


Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Jaringan Internasional, PB PMII, Yanju Sahara mengatakan, AYIC melibatkan perwakilan organisasi pemuda dan universitas dari 10 negara di Asia Tenggara. Menurutnya, dalam kesempatan ini PMII akan mengkampanyekan pesan damai, Islam yang toleran, moderat, seimbang, dan adil dalam kerukunan umat beragama, Islam yang menjunjung tinggi semangat nasionalisme.


“Pada kegiatan tersebut saya sebagai delegasi PB PMII mempresentasikan gerakan Faith, Intergenerational, Values, and Empath (FIVE) pada forum AYIC 2021,” katanya kepada PMII.ID, Jumat (15/10/2021). 


Sahara menambahkan, forum tersebut diselenggarakan dalam rangka menyikapi dinamika politik di Asia Tenggara. Bagi PB PMII, gerakan FIVE  akan memiliki dampak positif untuk menumbuhkan kesadaran warga bangsa terkait dengan perdamaian. Praktisnya, gerakan FICE merupakan kampanye perdamaian melalui platform digital untuk mempromosikan pendidikan, sosial, dan budaya dari negara-negara di kawasan ASEAN. 


“Harapannya, gerakan FIVE menjadi wadah pemuda ASEAN untuk mendorong perdamaian di kawasan dan global. PB PMII meyakini bahwa pemuda internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara, dapat berperan aktif dalam membangun perdamaian dunia,” tuturnya. 


Sahara menegaskan, PB PMII berkomitmen terus mengkampanyekan perdamaian di kancah Internasional. Hal ini selaras dengan visi dan misi Ketua Umum PB PMII untuk menjadikan PMII yang maju dan mendunia. Lebih lanjut lagi, ASEAN Youth Interfaith Camp 2021 menjadi kegiatan yang sangat strategis yang melibatkan pemuda dalam forum-forum internasional. 


“Gagasan FIVE merupakan gagasan yang lahir dari diskusi dan perdebatan panjang antarapeserta. FIVE telah berhasil menjadi pemenang dalam presentasi proyek tindak lanjut di acara ini. Saya yakin bahwa Kemenpora akan fokus dalam merealisasikan gagasan dan ide cemerlang ini. Nantinya gerakan ini akan kami wujudkan dalam platform five.site, portal digital, sehingga dapat diakses oleh banyak pihak,” tuturnya. 



Editor: Abdul Rahman Ahdori

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *