Muspimnas PMII Ajang Konsolidasi Gagasan

Jakarta, PMII.ID-Panitia Organizing Committee (OC) Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) 2022 terus mematangkan konsep acara sekaligus menyiapkan kebutuhan teknis dan non teknis Muspimnas.

Ketua OC Muspimnas PMII 2022 Muhammad Arifin mengatakan, panitia terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Tulungagung, bahkan beberapa kali melakukan pengecekan ke tempat-tempat yang akan digunakan untuk rapat-rapat dan rangkaian Muspimnas lainnya. 

“Persiapan per hari ini lancar, kami sudah ngecek tempat dua kali di Tulungagung. Ngecek di lokasi. Persiapannya sudah 70 persen,” kata Arifin kepada PMII.ID, Rabu (12/10/2022).

Arifin menegaskan, kepanitiaan Muspimnas sudah melakukan banyak hal agar kegiatan Muspimnas 2022 di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Adapun kepanitiaan yang terlibat yakni pengurus harian PB PMII, pengurus biro PB PMII dan kader serta pengurus PMII Jawa Timur.

Menurut Arifin, Muspimnas 2022 menjadi jawaban kerinduan kader-kader PMII se Indonesia, mengingat pertemuan tatap muka dalam jumlah yang melibatkan ribuan kader sempat terhenti karena Covid-19.

“Kongres kemarin juga zonasi, jadi Muspimnas ini ajang pertama setelah Muspimnas di Boyolali tahun 2019,” tuturnya.

Arifin berharap, Muspimnas PMII 2022 menjadi ajang konsolidasi gagasan sebagai upaya perbaikan organisasi PMII dari sisi substansi dan nilai organisasi. Dengn adanya sumbangsih pemikiran, maka usaha untuk mewujudkan PMII maju dan mendunia dapat direalisasikan oleh PB PMII 2021-2024.

"Mudah-mudahan kegiatan Muspimnas ini menjadi ajang konsolidasi gagasan, sehingga visi PMII yang maju dan mendunia dapat direalisasikan," katanya. 

Sebagaimana diketahui, PMII akan menyelenggarakan Muspimnas di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Agenda tahunan PMII ini akan dipusatkan di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN Satu) di Jl  Mayor Sujadi No.46, Kudusan, Plosokandang, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Pembukaan Muspimnas PMII tahun 2022 akan dilaksanakan pada Senin 17 November 2022 dengan dihadiri oleh ribuan kader PMII dari Sabang sampai Merauke. 

PB PMII juga telah merilis tema dan logo resmi Muspimnas PMII. Panitia Muspimnas menyepakati “Transformasi Organisasi, Membangun Peradaban Baru Nusantara" sebagai tema resmi pada pertemuan akbar ini. Tema ini dapat dimaknai sebagai harapan pembaharuan organisasi PMII agar bisa berkontribusi terhadap pembangunan peradaban bangsa Indonesia.

Sementara logo Muspimnas terdiri dari tiga symbol yakni tugu, wayang dan perisai PMII. Symbol pada logo Muspimnas PMII memiliki arti yang cukup strategis, bahwa PMII sebagai gerakan mahasiswa secara konsisten terus bergerak dalam pondasi Islam Ahlusunah wal jamaah yang kuat, serta membawa peradaban dengan menjaga nilai-nilai budaya Nusantara.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *