Ombudsman Berharap Pemerintah Terapkan Transformasi Digital dalam Pelayanan Publik

Tulungagung, PB PMII -  Digitalisasi menjadi kebutuhan dasar pemerintah guna mempermudah masyarakat mengakses layanan publik. Arus perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, mestinya harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang mumpuni  untuk mendukung kemudahan layanan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Anggota Ombudsman RI, Dadan Suharjo Suharmawijaya saat seminar nasional bertajuk Transformasi Digital dalam Layanan Publik di UIN SATU Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (20/11/2022).

Dadan menilai, upaya pemerintah menerapkan digitalisasi pelayanan belum signifikan. Penyebabnya karena keterampilan SDM yang belum mampu mengoperasionalkan teknologi, serta fasilitas peralatan yang belum tersedia. Atas dasar itu, Ombudsman RI mendorong kepada pemerintah agar pelayanan publik dapat memaksimalkan penggunaan teknologi digital. 

Dia mengatakan, transformasi digital merupakan keniscayaan dan tidak mungkin bisa dihindari. Karena itu, masyarakati harus terampil dalam hal penggunaan teknologi digital. 

Menurutnya, pada konteks pelayanan publik sudah saatnya didorong agar menggunakan sarana pra sarana berbasis digital. Transformasi digital yang diterapkan oleh pemerintah diharapkan sudah mulai pada otomatisasi dan networking ketika melakukan kerja-kerja pemerintahan.

"Oleh karena itu, semua harus kita kuasai untuk kita bisa masuk ke transformasi digital yang sesungguhnya," kata Dadan Suharjo Suharmawijaya ketika menjadi narasumber kegiatan 

Peneliti Tata Pemerintahan ini menambahkan, fase penggunaan teknologi digital di antaranya, online government, citizen oriented government, citizen center driven. Menurutnya, titik fokus yang perlu dilakukan pemerintah dalam memberikan pelayanan berbasis digital adalah citizen center driven. 

"Kebutuhan pelayanan digital hari ini adalah pelayanan digital dikendalikan terpusat. Pada fase ini masyarakatlah yang mengambil alih peranan penggunaan teknologi digital tersebut," terangnya.

Diketahui, kegiatan seminar nasional ini digelar sebagai rangkaian Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PMII. Hadir dalam kegiatan tersebut para pengurus harian PB PMII dan ribuan kader dari berbagai daerah di Indonesia.

Pewarta: Andi Maghfirah

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *