Ribuan Mahasiswa dan Masyarakat Ikuti Vaksinasi Serentak PB PMII dan UNJ

Jakarta, PMII.ID-Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dengan didukung oleh Kepolisian Republik Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Vaksin Serentak di Kampus UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (29/3/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Bendahara Umum PB PMII sekaligus Ketua Satgas Covid-19 PB PMII Panji Sukma Nugraha, Kasubbid Kerma Binlat Bidang DVI Pusdokkes Polri AKBP Aruma Sumaeni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ Dr Toto Bintoro M.Pd, dan ribuan peserta yang berasal dari mahasiswa, alumni dan umum.

Ketua Satgas Covid-19 PB PMII Panji Sukma Nugraha mengatakan, PB PMII berkomitmen mewujudkan herd immunity masyarakat Indonesia terutama kader-kader PMII di seluruh pelosok tanah air. Hal itu, katanya, selaras dengan visi Presiden Joko Widodo dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19. Menurut panji, target PB PMII ikut serta mensukseskan program vaksinasi oleh pemerintah karena ingin segera beralih dari pandemi menjadi endemi.

“Ini memang komitmen dari PB PMII untuk bersama-sama bergotong royong untuk mencapai titik herd immunity ini, sehingga kita memiliki daya gerak dan energy,” ucapnya.

Lebih lanjut, Panji berharap program vaksinasi yang dilaksanakan oleh PB PMII memberikan kontribusi yang nyata terhadap realisasi endemik di Indonesia. Panji mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Polri dan juga civitas akademik UNJ karena turut mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa.

Di tempat yang sama, Kasubbid Kerma Binlat Bidang DVI Pusdokkes Polri AKBP Aruma Sumaeni mengaku bersyukur akhirnya program vaksinasi oleh Polri berjalan dengan baik. Menurutnya, setelah menyaksikan secara langsung kegiatan vaksinasi, antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Dia berharap mahasiswa di Indonesia mendapatkan vaksin agar bisa mencapai herd immunity sehingga bisa beraktivitas normal terutama dalam hal pembelajaran tatap muka.

“Kita harus bersama-sama. Berharap pandemi ini segera berakhir. Tidak hanya nakes yang harus mengatasi semua ini. Semuanya, masyarakat. Mahasiswa adalah golongan yang benar-benar diharapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ Dr Toto Bintoro M.Pd mengungkapkan, UNJ turut memberikan apresiasi kepada mahasiswa dalam hal ini PB PMII dan kepada Polri karena telah memberikan kepercayaan menjadi tempat diselenggarakannya vaksinasi serentak di Jakarta. Ia menilai kegiatan ini jelas akan berdampak terhadap percepatan budaya hidup baru dengan herd immunity. Dia berpesan kepada seluruh masyarakat yang sudah divaksin agar tetap menjaga pola hidup yang sehat dan protokol kesehatan agar terwujud Indonesia yang sehat.

“Dan bangsa akan memiliki kesehatan, jiwa raga yang kuat untuk menyiapkan Indonesia unggul ke depan,” ungkapnya.

Selain itu, sedianya UNJ siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka jika mahasiswa dan dosen sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan booster. Meski begitu kebijakan tersebut akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah dalam hal ini Kemendikbud Ristek RI.

Pantauan di lapangan, 1.882 peserta vaksin yang berasal dari Jabodetabek tersebut mulai memadati lapangan Gedung Dewi Sartika UNJ sejak pukul 07.30 WIB. Para peserta secara bergantian melakukan pendaftaran ulang dengan dilayani oleh satu orang panitia. Setelah dilakukan screening, selanjutnya peserta dilakukan pencocokan data dan pemeriksaan tensi darah.

Bila dinyatakan layak untuk menerima vaksin, peserta langsung dibawa ke ruangan vaksinasi dengan dilayani oleh seorang tenaga medis untuk dilakukan penyuntikan. Adapun jenis pelayanan vaksinasi pada kegiatan kali ini yaitu vaksin booster dan vaksinasi  dosis kedua dengan jenis pfizer, sinovac dan astrazeneca.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *