Sekjend PB PMII Dukung Transformasi Digital untuk Kegiatan Kaderisasi

Jakarta, PB PMII-Sekretaris Jendral Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) Muhammad Rafsanjani mendukung gerakan kaderisasi berbasis digital yang dilakukan oleh Bidang Kaderisasi Nasional PB PMII. Menurutnya, kegiatan kaderisasi yang memanfaatkan teknologi sangat baik untuk dipertahankan di tengah situasi Covid-19. 

"Kaderisasi PB PMII berdasarkan penerapan teknologi sangat baik di tengah situasi Covid-19," kata Sekjend PB PMII, Muhammad Rafsanjani saat membuka kegiatan Digital Talk yang digelar Bidang Kaderisasi Nasional dan Bidang Media & Opini Publik PB PMII di Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/10/2021). 

Rafsan menambahkan, Covid-19 yang masih melanda Indonesia selama kurang lebih 2 tahun harus diimbangi dengan transformasi dan inovasi digital melalui penggunaan teknologi informasi untuk mendidik kader-kader PMII di seluruh Indonesia.  Menurut Rafsan, jika tidak menyesuaikan dengan zaman, akan terjadi degradasi kualitas kaderisasi di tubuh organisasi mahasiswa Nahdlatul Ulama tersebut.

"PB PMII komitmen menjaga kualitas kaderisasi periode sebelumnya. Saya mendukung penuh," tuturnya.

Selain itu, Sekjend PB PMII mengimbau kepada seluruh struktur PMII terutama bidang kaderisasi yang ada di semua tingkatan agar tidak hanya memperkuat wacana, di tengah pandemi Covid-19 segala sesuatu dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Karena itu, antara wacana dan eksekusi harus seimbang.   

"Mari kita eksekusi wacana. Bidang kaderisasi tidak hanya wacana tapi eksekusi," ucap dia. 

Sementara itu, Ketua Kaderisasi Nasional periode 2011-2014 Dwi Winarno yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan, tidak boleh ada kemunduran perihal metode kaderisasi PMII. Menurutnya, inovasi dan kreatifitas kader sangat dibutuhkan dalam rangka penyesuaian terhadap perubahan zaman termasuk di dalamnya penerapan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. 

"Banyak orang berpikiran kehidupan akan kembali seperti semula, mirip sebelum pandemi. Faktanya kita sudah beradaptasi, kita sudah mengakomodasi tantangan di tengah pandemi," ungkapnya. 

Sebagai informasi, kegiatan Digital Talk PB PMII mengusung tema 'PMII Creates The Future; Transformation on Technology-Based Learning'. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Kaderisasi Nasional PB PMII Ragil Septio Cahyono, Sekretaris Bidang Media dan Komunikasi Publik PB PMII Abdul Rahman Hamas Nahdly, dan ratusan kaderi PMII dari berbagai daerah.

Selanjutnya, hadir sebagai narasumber Ketua Kaderisasi Nasional PB PMII masa khidmat 2011-2014 Dwi Winarno, Ketua Kaderisasi Nasional PB PMII masa khidmat 2008-2011, Naeni Amanulloh, Ketua Umum Kopri PB PMII masa khidmat 2014-2017 Ai Rahmawati dan Staf Asistensi Staf Khusus Presiden, Ijonk. 


Penulis: Abdul Rahman Ahdori

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *