Lantik PKC Banten, Gus Abe Ingatkan PMII Harus Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

Serang, PMII.ID-Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) Muhammad Abdullah Syukri melantik Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Banten masa khidmat 2022-2024 di Kanwil Kemenag Banten, Jl Syekh Nawawi Al-Bantani Sukajaya, Kota Serang Banten, Kamis (3/11/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Gus Abe menyampaikan bahwa telah terjadi perubahan dari waktu ke waktu dalam konteks tantangan dan peluang PMII. Apa yang dialami senior PMII di masa lalu, tantangannya sudah pasti berbeda dengan yang dihadapi kader PMII saat ini. Karena itu, PMII harus beradaptasi dengan perubahan zaman.

Menurut Gus Abe, saat ini kader PMII hidup di era teknologi, era disrupsi dan era globalisasi. Kader PMII yang saat ini aktif sebagai pengurus PMII juga merupakan generasi kedua PMII.  Harus ada perbedaan dari sisi penataan organisai dan sistem kaderisasi, antara PMII yang dulu dengan PMII sekarang.

"Situasi sekarang berbeda, situasi PMII zaman dulu berbeda dengan situasi PMII hari ini," tegas Gus Abe saat menyampaikan sambutan.

Namun, meski hidup di zaman yang serba digital, PMII tidak boleh meninggalkan ruhnya sebagai organisasi kader. Organisasi yang terus berjuang mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia dengan tetap menjalankan kerja-kerja organisasi sesuai dengan Pancasila dan prinsip ajaran Islam Ahlusunah waljamaah.

"Sudah saatnya PMII harus beradaptasi tanpa meninggalkan ruh organisasi," tuturnya.

Adapun adaptasi terhadap perubahan zaman sebagaimana yang diharapkan Gus Abe yaitu kader PMII harus meningkatkan kapasitas diri dengan memupuk keahlian di bidang tertentu. Hal ini sangat penting sebagai modal bagi kader PMII di masa yang akan datang. 

Di tempat yang sama, Ketua PKC PMII Banten Samsul Hadi mengaku siap berkomitmen mewujudkan PMII yang maju dan mendunia, salah satunya dengan mendorong agar kader PMII memiliki keterampilan di segala bidang. Samsul berharap, kehadiran Ketua Umum PB PMII dapat melecut semangat kader PMII dalam melakukan kerja-kerja organisasi.

"PMII Banten siap mendorong PMII yang maju dan mendunia sebagaimana visi PB PMII," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Mabinda PKC PMII Banten Indra Irawan mengatakan, tantangan kader PMII saat ini diantaranya yaitu konsistensi. Menurut dia, jika kader konsisten, apa yang diharapkan oleh tujuan PMII, NDP maupun AD/ART PMII akan cepat terwujud.

"Jadi konsistensi adalah kunci untuk mewujudkan organisasi yang melahirkan kader-kader bangsa yang andal," tutupnya.

Kegiatan pelantikan PKC PMII Banten dihadiri oleh Setda Provinsi Banten, Perwakilan Polda Banten, IKA PMII Banten dan kader PMII dari berbagai daerah yang ada di Banten.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *