PMII Cabang Sleman Akselerasikan Digital untuk Mencapai Indonesia Emas 2045

Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Sleman yang didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Menyelenggarakan kegiatan Digital Literacy PMII Sleman di Hotel Dafam Fotuna Hotel, Seturan, Sleman, Sabtu (25/06/2022).

Ketua Umum PMII Cabang Sleman, M. Agung Dimyati dalam sambutannya menuturkan Acara Digital Literacy PC PMII Sleman yang bekerja sama dengan Kominfo dan Siber Kreasi merupakan salah satu upaya PC PMII Sleman untuk memfasilitasi anggotanya, komunitas, dan organisasi mahasiswa di Yogyakarta pada umumnya, untuk ikut berperan aktif mewarnai media sosial dengan konten yang positif.

“Selain itu, agenda ini mengajak kita semua untuk mengetahui lebih jauh potensi digital yang ada di Indonesia sehingga kaum muda dapat mengakselerasi diri ikut berperan memajukan teknologi digital di Indonesia”, seperti tema yang diangkat yaitu “Akselerasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045” tuturnya.

Wachid Ervanto, selaku pemateri pada sesi Social Media Marketing for Organization mengatakan Social Media Marketing merupakan cara efektif untuk menginformasikan bisnis, jasa atau produk dengan jangkauan yang lebih luas melalui platform media sosial.

“Pembuatan Konten dalam sosial media harus berdasarkan Content of Pilar agar proporsi jenis konten-konten yang berbeda bisa menjawab tujuan dari suatu brand yang telah dirumuskan. Content of Pilar terdiri dari 3 yaitu daily conversation (konten yang berhubungan dengan obralan sehari-hari dan berhubungan dengan brand), Product feature (Kelebihan yang ditonjolkan), dan Tactical (Konten promosi, event, quiz, dan activation)” ucapnya.

Di era serba digital ini Sosial Media marketing sangat efektif untuk meningkatkan kepedulian terhadap brand, membangun komunitas dan meningkatkan interaksi, serta meningkatkan pengunjung.

Dilanjutkan dengan Affix Mareta narasumber materi Digital Marketing for Organization mengatakan dalam Digital Branding ada 5 komponen penting yang harus ada yaitu memilih social media yang tepat, membuat konten menarik dan up to date, konten yang terorganisir, memiliku alur, dan evaluasi.

Gray Zein Syah Putra, Pemateri Ekonomi Digital untuk Perkembangan Indonesia mengungkapkan kenapa start up besar masih bisa bertahan sampai sekarang? Karena di dalam ekosistem aplikasinya terdapat ekonomi digital. Begitu pentingnya ekonomi digital dalam suatu aplikasi membuat aplikasi bisa bertahan dan dapat membantu perkembangan Indonesia ke depannya.

Rizqi Karomatul Khoiroh, Pemateri Kesehatan Mental di Era Digital menyatakan untuk mengurangi dampak negative terhadap Kesehatan mental di era digital yaitu dengan cara menggunakan media social secara positif, memperkuat faktor protektif, dan melakukan Selfcare. Tambahnya ada sedikit tips yang bisa dilakukan untuk membangun Kesehatan mental yang lebih baik yaitu dengan membangun kesadaran mental, meperbaiki gaya hidup, dan mengontrol pikiran.

Dalam Kegiatan ini dihadirkan pula para pembicara-pembicara hebat yang ahli dalam bidangnya antara lain Wachid Ervanto dan Affic Mareta dari Axar Digital Indonesia, Gray Zein Syah Putra Co Founder Neuversity School of Software Engineering, dan Rizqi Karomatul Khoiroh Founder Well Sharing sekaligus Mahasiswa Pascasarjana UGM. Acara dilakukan secara Hybrid, diikuti kurang lebih 100 orang peserta.

PMII Cabang Sleman Mengajak Pemuda untuk Berperan Memajukan Teknologi Digital di Indonesia. Digital Literacy PMII Sleman Mengajak Pemuda untuk Mengambil Peluang di Dunia Digital untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045, PMII Cabang Sleman mengadakan acara Digital Literacy PMII Sleman.

 

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *